3 Cara Mudah Membersihkan Permukaan Kabel Yang Kotor

Tanggal :31/05/2022 10.37.00 Penulis : PT. Kurnia Eka Nusa

Penggunaan kabel yang intens untuk urusan sehari-hari membuat permukaan kabel listrik kotor dan kusam. Ini wajar mengingat debu dan kotoran menempel pada permukaan kabel listrik walaupun hanya diletakkan di dalam rumah atau kantor. Kabel listrik yang semula tampak bersih menjadi tampak tak menarik, sehingga dapat mengganggu tampilan sebuah ruangan yang didesain menarik atau tertata baik. Apabila kabel-kabel yang Anda miliki sudah terlihat kotor dan kusam, sebaiknya segera bersihkan untuk mengembalikan tampilan awalnya. Terdapat 3 cara membersihkan permukaan kabel yang kotor dan kusam. 

1. Menggunakan Soda Kue

Langkah 1: Buat pasta dari soda kue dan air, dan oleskan ke seluruh kabel dengan hati-hati, dan biarkan pasta mengering.

Langkah 2: Rendam kain atau spons dalam air hangat, dan gunakan untuk menyeka kabel. Kamu juga dapat menggunakan sikat gigi atau scrub untuk membersihkan bagian kotoran atau noda yang lebih keras.

Langkah 3: Selesai dibersihkan, lap kabel secara menyeluruh dengan kain kering untuk mengeringkannya. Sangat penting untuk membiarkan kabel benar-benar kering sebelum digunakan, agar tidak ada sisa kelembapan atau sengatan listrik yang disebabkan karenanya.

2. Menggunakan Air Sabun

Langkah 1: Campurkan sabun cuci piring atau detergen dengan air hangat, lalu aduk-aduk sampai menjadi air larutan berbusa.

Langkah 2: Gunakan spons untuk direndam ke dalam larutan air sabun, lalu usapkan spons ke semua permukaan kabel listrik sampai semua debu dan kotoran hilang.

Langkah 3: Lap kabel dengan baik agar sisa kelembapan di atasnya tidak menyebabkan masalah listrik lebih lanjut. Cara ini cukup sederhana dikerjakan, tetapi bukan pilihan teraman untuk membersihkan kabel jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

3. Menggunakan Cairan WD-40

Langkah 1: Semprotkan cairan WD-40 dalam jumlah banyak ke permukaan kabel yang kotor dan kusam. Biarkan selama beberapa menit.

Langkah 2: Gunakan kain, wol baja (steel wool), atau sikat gigi untuk menyeka atau menggosok kabel secara perlahan.

Langkah 3: Jika merasa diperlukan, ulangi saja proses di atas, sesederhana itu. Sebagai catatan, Anda disarankan mengganti kabel jika kabel yang akan dibersihkan terkelupas, koyak, atau retak. Serta lakukan dengan hati-hati dan terukur, jangan sembarangan pada saat proses membersihkan. Selamat mencoba!

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot