Mengenal Kabel Skun

Tanggal :08/12/2021 16.21.00 Penulis : PT. Kurnia Eka Nusa

Kabel skun biasa disebut juga cable lug atau cable shoes merupakan connector kabel yang digunakan sebagai penyambung antara kabel dengan alat listrik atau komponen listrik lainnya dengan dibautkan pada bussbar atau panel. Ada beragam jenis kabel skun/sepatu kabel, salah satunya adalah kabel skun merk MELEC. Kabel skun MELEC terbuat dari tembaga yang dilapisi dengan timah pada bagian permukaan, sehingga tidak mudah mengalami oksidasi, awet dan tidak mudah terbakar, serta mampu menghantarkan listrik dengan sangat baik.

Ukuran kabel skun MELEC beragam dari ukuran kecil 2,5 mm hingga ukuran 1000 mm, dengan ukuran lubang baut yang berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan pemasangan. Pada umumnya tipe kabel skun MELEC tertulis sebagai kabel skun (Tipe) xx-xx (contoh: kabel skun JGA  50-10). Nomor yang di depan menunjukan ukuran kabel pada terminal kabel skun tersebut. Sebagai contoh di atas, kabel skun 50-10, menunjukkan, skun kabel tersebut dapat digunakan untuk kabel ukuran 50 mm2. Nomor yang di belakang pada kabel skun, menunjukkan ukuran lubang baut pada kabel skun MELEC tersebut. Seperti contoh di atas skun kabel JGA 50-10, maka ukuran baut pada kepala kabel skun tersebut adalah baut M-10, yaitu diameter lubang untuk masuk baut pada skun adalah 10 mm. Sedangkan tipe yang tertulis di awal menunjukkan tipe kabel skun yang tersedia pada kabel skun MELEC.

Pada kabel skun MELEC memiliki beberapa tipe yang umum digunakan yakni :

  1. AUS (medium voltage, tembaga)?
  2. JGA-JGK (low voltage, tembaga)
  3. CAL-BS (medium voltage, bimetal)
  4. CALB-N (low voltage, bimetal)

Kabel skun MELEC cocok digunakan pada pemasangan breaker MCCB, Change Over Switch, tembaga busbar dan terminal block. Kabel skun yang baik, terbuat dari material tembaga berkualitas pilihan. Dengan menggunakan kabel skun yang berkualitas, proses crimping skun kabel lebih mudah dan cepat. Kabel skun yang baik, tidak mudah pecah saat di-press, dan memiliki daya hantar listrik yang baik, sehingga alat listrik yang terpasang, dapat bekerja dengan optimal.

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Respon Komentar

Belum Ada Komentar

Tinggalkan Komentar

* Komentar akan ditampilkan bila disetujui
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English
Logo IDT
Chatbot